Helliger bust life size; tutorial making step-by-step

Hello folks!!

yap sudah lama skali saya tidak bersua disini, mohon maaf bila saya tidak men-reply comment kalian disini. mohon klo ada yg ingin ditanyakan bisa langsung ditanyakan via email ke info@littlegiantstudio.net

here’s our little update.. maybe not a little lol.. ok kli ini saya akan memposting, step-by-step pembuatan sebuah helmet, mungkin lebih tepat nya bust figure life size 😉

bust figure life yg kami bikin kli ini adalah karakter Ancient Helliger.. belum nya kita udah bikin bust figure yg versi modern nya, kali ini kita dipercayakan untuk membuat yg ancient nya 🙂

untuk yg belum mengetahui apa itu Helliger bisa klik disini Helliger website

(untuk yg belum mengetahui apa itu Helliger bisa klik disini Helliger website, pic taken from their website)

take a note disini, kita hanya buat sampai bust nya saja. karena ini hanya untuk keperluan display, jadi ini project unwearable.

-Step Pertama-

Tahap pertama dan kedua kita lebih fokus kepada helmet nya. karena ini merupakan salah satu point yg penting buat suatu karakter, jadi pasti lebih lama buat nya.

dan siap kan bahan2 yg diperlukan, seperti clay, resin beserta hardener, gips, silikon rubber kertas amplas, masking tape, sarung tangan, masker, alat2 untuk sculpt dan lain2

bikin base model helmet dari clay, tanah liat, lempung, buburkertas atau apa pun yg bisa kebentuk dgn bagus. yg perlu di perhatikan pada proses ini yaitu bentuk yg presisi. untuk masalah halus bisa dilakukan nanti, setelah benda nya uda dalam bentuk resin. pokoknya untuk step ini. presisi merupakan hal yg utama. kenapa perlu persisi banget? karena klo nanti uda dalam bentuk resin, akan lebih repot buat bikin jadi presisi nya.

studio kita kebtulan menggunakan plastisin untuk bikin base model bentuk helmet nya. mungkin ada yg bertanya, knapa kita bikin garis2 itu di clay nya.. garis2 itu berfungsi untuk membantu buat mensimulasikan, letak mata dan lain2. jadi uda jadi resin, uda keliatan aja dimana2nya. tp nanti setelah jadi resin, biasanya kita ilangin dulu buat dapetin smooth nya, trus kita bikin lg.

Ok. setelah puas dgn hasil tadi, kita lanjut k step berikut nya

-Step Kedua-

 bikin temporary molding dari gips. guna nya itu agar bisa kita bisa mendapatkan bentuk solid dari base model yg uda kita bikin dari clay tersebut.

karena bentuk base model kli ini sangat simple, jadi saya hanya perlu bikin menjadi 2 part molding. dan setelah itu kita langsung cetak base model nya itu dgn resin.

sebelum memulai membuat helmet dengan resin fiber, perlu diketahui juga. bagaimana karakterisitik resin dan cara untuk casting mengunakan resin. dan perlu diperhatikan kalau smua bahan yg kita pakai ini mengandung reaksi kima, jadi perlu menggunakan peralatan pengaman. sperti masker, sarungtangan dan kacamata pelindung bila perlu.

dan setelah resin jadi. baru kita melakukan sanding, dan menutup bila ada bubbling pada permukaan helmet resin tersebut. setelah permukaan telah mulus, di cek lagi apakan uda presisi atau belum dan lalu kita bikin ulang line garis2 yg tadi. dan jika uda sampai situ, kalau distudio kita biasanya kita bikin molding menggunakan silikon

bisa dilihat, kalau permukaan uda halus, dan tanpa bolong2 dan siap untuk dibikin molding silikon, pemisah antara mold kiri dan kanan kita pake plastisin jg, biar gampang misahnya. kegunaan pada proses ini bikin molding silikon, yaitu agar kita nanti engga perlu bikin helm dari molding gips. karena bentuk nya uda pasti lebih bagus dari yg sebelum nya. molding silikon di buat mungkin bisa dibilang seperti fungsi “save button” klo di program komputer. tp kita ga pake buat nyetak apa2. mungkin ada yg berpikir klo itu terlalu boros, tp lebih baik boros dari pada nanti kita harus bikin dari molding gips yg bentuk nya masih jauh dari baik dan presisi

dan setelah molding silikon sudah di buat, lalu helmet base itu. kita tambahkan semua detail2 yg diperlukan seperti yg ada pada bentuk di sketsa. dan nanti hasil nya akan jadi seperti ini.

untuk sampai proses ini, mungkin perlu proses coba2. kita pun masih terus belajar untuk menyempurnakan tiap teknik. dan material yg kita pakai itu epoxy. cara bikin nya sama kaya pembuatan base model. yaitu pake plastisin trus bikin molding pake gips, tp kita ga pake resin. kli ini kita pake sanpolac. mungkin kalian klo mau bikin bentuk2 bisa pake epoxy putty atau yg lain2 yg penting bisa keras dan tahan lama.

ok untuk helmet cukup sampai disini, karena kita perlu bikin sampai chest plate dan pauldron nya. untuk finishing lebih lanjut, dilanjutkan setelah semua item telah terbuat.

-Step Ketiga-

selanjutnya kita membuat chest plate part. untuk proses ini, diperlukan model bentuk badan. bisa di ambil dari manekin atau mungkin bila kamu mau, bisa cetak badan si pemakai bila dibuat agar bisa di pakai. klo kita biasa nya bikin menggunakan manekin, lalu disesuaikan dgn ukuran yg diinginkan. kebetulan karena kita sudah pernah membuat chest plate sebelum nya, jadi kita uda punya base model nya. seperti ini contoh nya

ini kita gunakan untuk base model chest plate nya. baru nanti kita lapisin dengan clay, agar bentuk nya lebih sesuai dgn yg kita inginkan. proses pembuatannya, sama dgn pas pembuatan helm.

untuk pembuatan chest plate seperti ini memang dibutuhkan banyak sekali clay. karena pasti akan menambah banyak bentuk dari base model sebelum nya. bisa di lihat. kita uda membuat bagian kerah nya. dan permukaan nya masih belum alus.. karena kita masih mencari bentuk yg kita inginkan. proses selanjutnya mirip dgn pembuatan helm, yaitu membuat mold dengan gips. lalu kita casting dengan resin.

dan lalu akan menjadi seperti ini.

sebelum nya kita uda membuat “leher” untuk menaru helmet tersebut dan memperpajang bentuk chest plate nya. untuk chest plate masih banyak  yg harus di benarkan, bisa kliatan permukaan masih belum rapih. setelah kita rapihkan lalu saya membuat detail2 pada permukaan chest plate dengan clay.

oh iya. untuk helmet dan chest plate saya sarankan untuk menggunakan fiber matt juga, agar lebih kuat dan ga gampang pecah.

untuk proses ini, sebelum nya kita gambar dulu menggunakan pencil. setelah itu kita bentuk dengan clay dan kita sculpt sesuai dgn disain nya. bisa di bilang proses ini gampang2 sulit. karena pas bikin ga boleh salah. dan step selanjutnya kita gips dan kita casting lagi

pada proses pembuatan detail, perlu di perhatikan untuk presisi antara bagian kiri dan kanan. itu hal paling sulit.. saya pun saya akui blom sempurna bgt dalam hal itu. oh iya untuk warna hijau2 itu.. itu adalah sanpolac. biasa di pakai untuk dempul mobil.. kita pake itu soalnya gampang di dapat trus pemakaian nya mudah. untuk chest plate masih perlu difinishing. tp kita stop disini terlebih dahulu.

-Step Kempat-

selanjutnya kita akan membuat pauldron nya. bisa dilihat secara garis besar tata cara yg kita bikin yaitu sama. yaitu bentuk dgn clay, lalu bikin temp mold. abis itu casting dan abis itu sanding trus add detail..

dan sekali lagi untuk presisi merupakan hal yg terpenting dalam membuat suatu benda. untuk pauldron ini kita akan menggunakan untuk bahu kiri dan kanan, maka dari itu sangat perlu sekali presisi.. untuk mold kli ini perlu di casting 2 buah.

dan jadilah 2 pauldron ini, tp masih ada sisa dempul jadi blom rapih2 bgt.. selanjutnya langsung kita bikin detail2 nya.. ada bebrapa part yg harus di buat lagi, kecil tapi penting.

dan jadi lah pauldrons tersebut.. tp masih perlu di finishing terlebih dahulu

-Step Kelima- 

tahap selanjutnya merupakan salah satu tahap paling penting, yaitu finishing dan tidak lupa kita bikin beberapa part tambahan agar bisa saling nyatu dan bisa di lepas pasang antara satu dan lain.

dan proses selanjutnya yaitu painting, untuk painting.. kebetulan karena client kita adalah painter jadi kita hanya paint tanpa shading dan sebagai nya.

untuk painting, seperti biasa untuk tiap warna harus dimasking dulu.. rapih atau tidak nya masking, sangat menentukan untuk hasil akhir. karena nanti akan di lakukan shading sama client kita, jadi kita engga melakukan clear coat paint. makanya hasil nya kurang mengkilap.

dan ini dia hasil final dari kita!

yap! itu dia hasil akhir pas kluar dari studio kita.. mungkin, client kita akan melakukan shading dan sebagainya. kita ga tau, yg pasti setiap project yg kita dapat pasti kita buat sebaik mungkin. walau pun masih banyak kekurangan.

dan sekian tutorial pembuatan helmet dan bust figure life size dari saya. mungkin cara2 yg kita gunakan masih perlu banyak yg harus diperbaiki, dan kita juga masih terus mencari cara agar lebih mudah dalam pembuatan nya. jadi cara pembuatan tersebut tidak pasti paling benar

dan mungkin jika ada kritik dan saran atau pun pertanyaan mengenai pembuatan helm, bisa langsung ditanyakan lewat email di info@littlegiantstudio.net kita dengan senang hati membantu 😀

dan jika ada yg ingin jauh lebih mengenal tentang karakter helliger. bisa klik di sini helliger website

ok sekian dari saya Yo disini

Over and Out

Advertisements