Mulai Detailing . kamen rider 1 gou

Hello im back!

kali ini post nya lumayan banyak karena sekaligus mengerjakan satu tahap.

ok langsung saja.

karena pembentukan siluet dasar sudah selesai tahap selanjutnya yaitu pengerjaan detailing. dari sini saya membuat bagian grid di belakang kepala. tahap awal yaitu menggunakan clay untuk garis bantu agar membantu pembentukan ketika melakukan pendempulan sehinga tidak bleber kemana2.

Setelah memberikan dempul yg cukup lalu kita lepas clay nya, dan mulai kita amplas sampai cukup halus dan rata. dan disini pasti banyak lubang2 kecil yg terbentuk dari dempul, tidak apa2 dan itu sangat wajar. nanti saja kita bisa rapihkan lagi. tapi tidak perlu di kerjakan sekarang.

saya biasa nya menambahkan isi dempul nya mengunakan foam board untuk ketebalan yg kita inginkan. jadi nya nanti ketika pengaplikasikan dempul bisa lebih mudah dan tidak perlu banyak2. penggunaan board ini sangat membantu khusus nya di permukaan yg melingkar seperti ini. setelah itu baru bikin clay pembatas sesuai dengan garis yg sudah kita sketsa seperti sebelumnya

dan untuk mempermudahkan pengamplasan, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti mini drill set. disini saya menggunakan proxxon precision drill. sebenarnya lebih baik jika kamu penggunakan oribital sander atau mesin amplas yg lebih besar. saya kebetulan menggunakan amplas seperti ini karena, pengerjaan tidak di studio tapi di rumah. maklum di studio sedang mengerjakan hal yg lain dan top secret 🙂

img_0378

ulangi sampai semua grid terbentuk, dan khusus untuk yg terakhir kita mulai membentuk bentuk frame telinga. seperti sebelum nya tidak perlu sampai rapih bgt, nanti bisa kita rapihkan belakangan.

setelah semua grid belakang sudah terbentuk, saya memutuskan untuk memulai bentuk di hidung dan kuping. bisa di lihat di gambar diatas, bentuk nya memang belum sempurna.untuk proses pembuatan bagian hidung cara nya juga sama, yaitu dengan menggunakan clay untuk proses pembuatan bentuk dasar. setelah itu kita amplas betahap.

dan untuk proses pembuatan kuping disini saya menggunakan foam board yg di potong sesuai dengan gambar,bisa di lihat proses nya di gambar. tapi di karenakan sedikit kecelakaan jadi nya saya menempel langsung di helm nya(pas lagi coba ngepasin kuping di helm kelupaan kalau ada lem yg tersisa jadi nya nempel). lalu proses saya lanjutkan dengan kuping terpasang di helm.

setelah itu sama seperti proses sebelumnya yaitu di amplas secara bertahap dan berlahan2. dan ini lah hasil nya. dan ya hasilnya belum sempurna karena akan saya kerjakan setelah semua bentuk saya dapatkan.

img_0397img_0396img_0398img_0395

disini saya sengaja membuat demikian, karena kalau saya biasanya mengejar bentuk dasar nya semuanya terlebih dahulu. setelah semua sudah jadi baru saya rapihkan satu persatu lagi. mungkin beberapa orang berpikir seperti ini sungguh merepotkan atau dua kali kerja, tapi pengalaman saya dengan hal ini saya bisa menjaga mood agar pengerjaan nya bisa cepat terbentuk.

karena jika kita mengerjakan per bagian langsung sampai sempurna yg jadi mood kita akan bisa hilang di tengah pengerjaan. waktu yg saya sudah habiskan dalam mengerjakan helmet ini dari awal posting kemarin mulai sampai bentuk terakhir ini sekitar seminggu kurang, dan bisa di bilang mood pengerjaan hampir hilang itu muncul dan pergi. dan menurut saya cara mengatasi nya yaitu dengan memulai proses yg baru.

dan pengalaman saya dengan para sculptor2 yg baru mulai pembuatan helmet atau lain nya, biasanya mereka jenuh karena bentuk yg mereka inginkan tidak dapat2 dan proses pengerjaannya jadi terlalu lama. saya bisa berbicara seperti ini karena saya sudah beberapa kali mengajarkan part-timer dan sculptor yg baru memulai. dan menurut saya proses pengerjaan itu lebih penting ketimbang hasil nya, lebih baik menyelesaikan produk yg belum sempurna ketimbang mengejar bentuk sempurna tapi tidak pernah selesai.

karena dalam sculpting itu, kita akan belajar bagaimana kita bisa terus mengasah kesempurnaan di tiap hasil karya yg sudah selesai. sering kali saya merasa kalau ada yang kurang ketika produk kita selesai. tapi disitu seni dari sculpting, dengan ada pemikiran seperti itu membuat kita jadi lebih berpikir bagaimana kita bisa lebih baik lagi kedepan nya.

ok cukup untuk post kali ini. selanjutnya saya akan membuat bagian mulut dan mungkin mulai pengerjaan detailing yg lebih sulit. seperti di bagian sisi helmet dan lain nya.

jika ada pertanyaan bisa ditanyakan via email littlegiantstudo@yahoo.com / littlegiantstudio@gmail.com atau message kita di fb pages kita. 😀

 

Cheers.

