Pembuatan bentuk mulut dan reshaping helmet. Kamen rider 1 GOU

bisa di bilang muka merupakan bentuk yg paling penting, dan karena bentuk mulut kamen rider 1 gou ini cukup unik. bisa jadi bentuk ini merupakan bentuk ciri khas dari karakter ini.

ok kali ini kita akan memulai membuat bentuk mulut dan mulai menyamakan dengan gambar asli nya. kalau di lihat dari gambar di bawah ini sudah terlihat kalau bentuk nya lumayan beda dari bentuk karakternya. dan dari sini saya sudah lihat nanti bentuk bagian atas pasti ada perubahan yg perlu di lakukan. maka dari itu seperti yg saya cerita sebelum nya. kita tidak perlu mengerjakan bagian dengan sempurna dahulu, karena bisa jadi hal2 seperti ini bisa kejadian.

img_0406

bentuk ini adalah hasil potongan dari helmet ichigo the first. lumayan ngasal sih bikin motong nya jadi nya ya kira2 seperti itu. toh nanti juga bakal di tutup dengan dempul/ clay. dan dari sini saya bisa mengira2 apa saja yg harus saya lakukan sebelum melakukan penambahan dempul.

img_0407

dan dari sini sudah terlihat kalau saya harus sedikit memotong  dan menimpiskan beberapa bagian,  khusus nya di bagian pipi gigi atas kiri dan kanan dan dagu karena terlalu menonjol. nanti nya akan menyulitkan pas penambahan dempul.

img_0408img_0409

untuk gambaran, ini bentuk rahang kamen rider 1 gou. lebih banyak detailnya ketimbang kamen rider the first. paling part yg saya pertahankan itu bagian tengah nya saja. sedangkan yg lainnya akan saya buat ulang dengan dempul.

img_0410

dan saya memutuskan untuk menambah bagian pinggiran mulut nya karena proporsi rahang kamen rider 1 gou lebih panjang. jadinya seperti biasa saya akan tambah dengan cara memberi kertas agar mempermudah penambahan bentuk.

img_0411

tanpa sengaja saya menjatuhkan rahangnya, dan ternyata bagian gigi nya copot haahaha. baru ingat juga dan lumayan jadi mudah nantinya. ok lanjut…

img_0412

selesai memberikan tambahan dempul agar biar lebih lebar. saya langsung menambahkan bentuk rahang kiri.(tidak terfoto) dan gambar di bawah salah satu cara agar bentuk kiri kanan bisa sama. yaitu dengan cara menggunakan jangka

img_0413

lalu dengan potongan kertas yg berbentuk shape itu buat masking nya biar lebih sama. tapi nanti pada akhirnya tetap mata kita yg harus bisa lihat kalau bentuk nya sudah sama atau tidak.

img_0414

hasil nya lumayan sama antara kiri dan kanan. jika pun masih kurang nanti bisa kita benarin lagi.

img_0417img_0418img_0419

selanjutnya saya sarankan lihat di tempat yg lebih terang. perhatikan dari segala sisi apakah ada yg beda atau tidak. ini merupakan tahap penting  karena kita harus tau kalau bentuk yg kita buat itu benar atau tidak.

img_0420img_0421img_0422

ada beberapa part yg masih agak kurang sama. tapi saya rasa ini sangat minor, jadi nya saya putuskan untuk melanjutkan nya. dan saya memulai bentuk gigi pertama. disini mungkin seperti yg kita lihat bentuk gigi nya tidak rata. tapi cara paling mudah yaitu dengan membuat perlayer.

img_0424

layer kedua, bisa di lihat bagian kiri kanan tidak saya beri dempul juga. dan caranya seperti cara2 sebelum nya yaitu dengan menggunakan clay yg sudah saya bentuk baru saya dempul.

img_0426

dan ini bentuk hampir akhir.kira2 seperti ini. mungkin nanti masih perlu di rapihin lagi. tp disini sudah lumayan terlihat sama dengan rahang bentuk kamen rider 1 gou

img_0428img_0429

dan saya mencoba memulai sketsa bentuk mata dan guratan di dahi samping. dari sini saya coba bayangin ada yg kurang atau tidak.

img_0430

lalu saya coba menjejerkan antara kepala dengan rahang nya. dan seperti yg sudah saya kira sebelumnya kalau nanti masih harus ada penyesuaian bentuk nya.

img_0433

problem utama yaitu lebar bagian atas lebih sempit ketimbang lebar rahang nya. dan disini saya memutuskan untuk memotong lebih panjang lagi agar lebar bisa pas dengan lebar rahang nya.

img_0434

potongan kali ini lebih panjang jadi memungkinkan kita untuk bisa memaksa rahang agar bisa masuk. dan saya memotong dengan grinda yg lebih besar. bukan menggunakan proxxon drill, karena sayang juga kalau nanti kenapa2 alat proxxon saya.

img_0435

setelah itu saya coba masukan rahang nya. dan bisa muat!! tapi seperti yg kalian lihat ada beberapa part di dekat mata yg retak, tidak masalah itu. karena nanti bisa kita benerin lagi 😀

img_0436img_0437

setelah itu saya lem rahang menggunakan superglue agar bisa lebih steady dan saya dempul bagian2 yg retak. agar tidak bergerak2 lagi. nanti mungkin akan ada penyesuaian lagi juga.

img_0439img_0440

dan setelah memotong untuk melebarkan helm, jadinya helm tampak lebih pendek. dan jadi nya saya memutuskan untuk memotong bagian belakang untuk menambah panjang nya karena terlihat tidak proporsional.

img_0441

ini hasil bagian tengah yg sudah saya dempul, masih berantakan dan belum di amplas karena saat ini sedang hujan lebat di rumah.

img_0442

ini hasil nya setelah penambahan ini itu. bisa di bilang pengerjaan seperti ini tidak bisa sekali jalan, tapi kita harus percaya akan perasaan kita kalau misalnya ada yg janggal. karena bagaimana pun juga kita harus percaya akan apa yg kita rasa, jika memang masih belum ok ya arti nya belum ok. tapi pada akhirnya jika sudah tahap akhir sekali, misalnya kamu masih merasa ada yg kurang. disitu kamu harus stop dan tidak perlu benerin lagi. karena menurut saya di situ kita akan belajar kalau next kita harus lebih baik lagi.

img_0443

disini helm bagian atas biar berdiri sendiri. dan bagian rahang hanya saya taru di bagian dalam. dan mungkin besok saya akan rapihkan ini itu,  karena tahap pengerjaan masih banyak hehe..

img_0444

ok next update mungkin akan lebih ke detailing dan mungkin jika sempet mulai pembuatan mold dari casting.

semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

 

Cheers!

