Final shape hampir selesai dan mood mengerjakan hilang. Kamen rider 1 Gou

ok, lanjut dengan update post pengerjaan helmet kamen rider 1 gou. sebelumnya saya mencoba menjelaskan kenapa baru kali ini rutin saya coba buat posting pengerjaan pekerjaan kita. mungkin alasan pertama yaitu saya ingin blog ini bisa di baca oleh orang2 lebih sering lagi, sehingga blog ini bisa lebih hidup dari sebelumnya. dan salah satu alasan lain nya yaitu agar saya bisa lebih disiplin dalam hal posting di blog ini, karena jujur saja sebelumnya saya sedikit malas kalau posting tentang pekerjaan step by step gtu. maka dari itu dulu2 saya hanya posting mengenai finish product kita saja.

dan karena sekarang saya lebih banyak waktu luang, khusus nya pada sore menjelang malam. jadi saya coba untuk mengisi waktu dengan menulis blog post tentang pekerjaan kita. dan mungkin saya harap dengan adanya postingan2 saya ini bisa membantu orang2 untuk dapat belajar sculpt. ya walau memang mungkin belum cukup ok sih postingan saya ini, dalam hal mengajarkan sesuatu. ya semoga saja membantu tapi hehe..

ok lanjut ke pekerjaan kita. tahap selanjutnya itu saya menambahkan bentuk2 yg kurang2 dan mulai mengamplas banyak bagian yg kemarin sudah saya dempul sebelumnya.

img_0446

bagian mulut memang pada dasar nya belum presisi bentuk antara kiri dan kanan. apalagi ketika saya pasang rahang dengan helm bagian atas. masih ada bolongan di rahang sebelah kanan (kalau di pakai kan di posisi kanan rahang). jadinya saya tambahkan terlebih dahulu.

img_0447

dan sembari menunggu dempul kering saya amplas bagian helm atas. kira2 2 jam saya mengamplas nya… lumayan cape kali ini. karena banyak bagian yg harus di dempul( bekas potongan2 kemarin yg sudah di dempul).

img_0448

dan tidak hanya mengamplas saja, jadi nya saya juga memotong bagian kuping agar lebih masuk dan lebih mudah ngerapihin detail kuping nya. lumayan jadi dua kali kerja sih, tapi tidak apa2 hal seperti ini biasa dalam hal sculpting. karena menurut saya sebaiknya kita mencari cara agar hasil akhir lebih baik ketimbang kita harus memaksakan mengerjakan hal dengan cara yg tidak nyaman. (walau jadi tambal sana sini sih..)

img_0449img_0450

di bekas potongan kemarin tampak nya banyak yg harus di lakukan, dan jujur saja saat pengerjaan ini mood saya sedang agak hilang, jadi nya bawaan nya lumayan cape dan ga fokus.

img_0452untung nya dalam model ini ada part yg akan menutupi bagian yg kemarin saya tambal. jadi nya saya hanya perlu merapihkan bagian yg tidak tertutup nanti.

img_0453

bagian yg saya silang x itu bagian yg warna hijau(gambar bawah). jadi nya lumayan membantu buat nanti. dan rencana saya ingin menutup dengan foam saja. karena lumayan cape jg kalau harus tutup pakai dempul lagi.

1-2016-7

dan saat nya pengerjaan kuping pertama2 kita tutup dulu dengan kertas, lalu di tempel menggunakan lem, ga usah banyak2 lem nya. karena nanti akan di copot jg. setelah itu olesi dengan wax. dan setelah itu tutup dengan dempul.

img_0455

karena yg saya butuhkan hanya bagian pinggiran nya. jadinya tidak perlu semuanya di isi pakai dempul. cukup samping nya saja. saat ini mood sedang tidak baik, jadinya maaf jika kurang rapih..

img_0456

lalu setelah merapihkan detail kuping. akhirnya lumayan juga. bisa lebih ke bentuk, dan biasakan setelah mengerjakan di foto. biasa nya dari foto kamu baru sadar akan ada yg kurang. bagaimana pun jg nanti hasil akhir harus baik di foto, dan disini walau saya sudah merapihkan dengan gimana pun. dan baru sadar pas lihat di foto.

img_0458test fitting rahang dengan helmet bagian atas. bisa di lihat kalau bentuk nya sudah lebih proporsional ketimbang sebelum nya. dari sini berarti proses pelebaran sudah ok. dan bisa fokus ke detailing yg lain 😀

img_0459img_0460

setelah itu saya membuat bentuk pinggiran di helmet bagian atas, karena ada sedikit lekukan di pinggiran helm nya. cara nya masih sama yaitu dengan clay. maka dari itu sebaik nya siapkan clay yg oil based untuk kegunaan seperti ini. dan kebetulan studio kita biasa pakai clay dengan oil based untuk sculpt nya.

img_0465img_0466

dari sini sudah lumayan terbentuk dan lumayan ok kalau dilihat2 😀

img_0469

dari sini bisa terlihat proses pengerjaan sculpt seperti ini bisa di bilang tidak gampang tapi tidak susah juga. tapi ada saat nya kamu harus berhenti kalau mood sudah tidak ada lagi, saran saya sih cukup istirahat saja sebentar atau sudahi hari ini besok kamu kerjakan lagi. dan biasanya kalau saya sih kalau dalam keadaan yg sedang mood ini.

saya stop mengerjakan tapi di pikiran saya tetap memikirkan apa yg harus saya kerjakan selanjutnya. dan biasanya di telpon genggam atau komputer saya selalu ada gambar2 referensi karakter yg sedang di kerjakan, saya biasanya selalu melihat lagi dan lagi. agar bentuk yg sedang saya kerjakan tetap ada di kepala saya. jadi nya ketika saya lihat yg sedang saya kerjakan itu, saya bisa tau mana yg kurang dan mana yg harus saya kerjakan.

kali ini cukup sekian postingan nya. dan tunggu perkembangan selanjutnya.

Cheers!

