Transfer ke Fiberglass resin dan major revisi. Kamen rider 1 Gou

I’m Back!

maaf belakangan ini sangat sibuk dengan kegiatan yg macam2, okay kita lanjut update project kamen rider 1 gou ini. dan kali ini ada major issue dan bagaimana cara menghadapi nya

img_0508

img_0509saat ini proses pentransferan helmet menjadi resin fiberglass, tahap pertama yaitu pastikan helmet lumayan alus. atau setidak nya tidak ada bentuk yg kita tidak inginkan.

tapi disini karena saya berencana untuk finishing di fiberglass dan akan membuat mold menggunakan gipsum saja. karena kemungkinan nanti masih ada yg bakal di edit, karena tanggapan dari client belum masuk.

img_0512

mula2 buat separasi helmet dengan menggunakan clay, pastikan tidak ada sela antara clay dan helmet. lalu oleskan wax agar nanti gampang buka nya. dan tidak lupa seblum itu saya tutup bagian matanya.

img_0520

di beri registration key agar nanti lebih gampang nempel nya. oh iya disini saya kasih selotip agar nanti buka nya lebih gampang. minus nya mungkin agak berubah dikit bentuk nya tapi tidak akan masalah buat kedepan nya.

img_0527

disini saya minta tolong asisten saya yg baru mengerjakan seperti ini, dan bisa di lihat ini alasan kenapa sela antara clay dan helmet harus rata dan semulus mungkin, agar tidak ada jarak. kalau tidak nanti gips sisi satu lagi tidak masuk.

img_0528

dan setelah itu kita buka, kira2 hasil nya seperti gambar di bawah. dan sebelum kita mulai casting atau tuang resin pastikan kita sudah memberi wax yg cukup banyak. tips of today: karena mold yg kita pakai itu menggunakan mold gipsum, sebaik nya kita beri wax yg lumayan banyak dan serata mungkin. karena gipsum lebih menyerap wax jika dikit yg ada nanti resin nya akan nempel.

dan seperti disini saya akan memberikan 2-3 lapis resin dengan talc dan erosil setelah itu baru kita taruh matt fiberglass sebanyak 3-4 lapis lalu, di beri 1 lapis lagi resin. agar permukaan lebih rata.

img_0530

dan moment yg di tunggu2 tiba, revisi dari client…

disini di tunjukan beberapa bagian yg ingin di revisi, dan bisa di bilang bagian yg di revisi lumayan vital. pertama2 bagian atas hidung.

front-2

di bagian atas hidung yg kita buat ternyata jarak nya terlalu lebar, jadi nya kita harus merivisi agar tidak terlalu lebar.

front-1

dan yg kedua bentuk bagian belakang yg ada grid2 nya bentuk, bentuk nya tidak sesuai dengan bentuk helmet di referensi. dan disini kita harus bentuk ulang, mau tidak mau.

back-1back-2

setelah hasil cetak selesai, kita langsung ratakan bentuk nya menggunakan grinda.

oh iya maaf setelah dapat email, saya tidak sempat foto proses pembukaan mold nya. karena saat itu saya coba briefing dengan yg akan mengerjakannya.

img_0547

dan setelah itu kita mulai lagi dari grid yg paling awal, dan mungkin akan menambah bagian atas nya biar lekuk nya lebih mirip lagi dengan yg diinginkan.

img_0551img_0552

dan untuk bagian depan, mungkin akan di revisi setelah bagian belakang selesai.

fullsizerender

proses revisi memang membuat yg sudah kita kerjakan bisa di ulang kembali, tapi dari situ kita bisa belajar lebih banyak, dan harus bertindak seprofesionalisme mungkin. karena bagaimana pun jg kita harus membuat sesuai dengan yg client mau 🙂

okay tunggu update selanjutnya. untuk kali ini mungkin agak lama saya update nya, karena saya sendiri harus menyelesaikan pekerjaan lain. tapi pastinya nanti saya tetap update project ini sampai selesai.

sekian untuk saat ini.

